Daging Kambing Bukan Pemicu Darah Tinggi

Dulu yang saya ketahui kalau orang yang menderita darah tinggi sangat tidak diperbolehkan memakan sate yang dari kambing, katanya itu akan membuat darah tingginya semakin parah. Akan tetapi setelah saya baca dari berbagai sumber bahwa daging kambing bukan pemicu darah tinggi, lantas apanya yang menjadi pemicu darah tinggi? Silahkan luangkan waktu sebentar untuk membaca sampai selesai.

Daging Kambing Bukan Pemicu Darah Tinggi

Ilustrasi Daging Kambing

Daging kambing dan darah tinggi atau hipertensi memang sangat erat sekali kaitannya. Sehingga daging yang dikenal dengan penuh serat ini sangat ditakuti oleh orang yang mempunyai keluhan darah tinggi atau kolesterol tinggi.

Akan tetapi sebetulnya daging kambing itu tidak jauh berbeda dengan daging sapi, bahkan ada yang menyebutkan kadar kolesterol pada bebek justru lebih tinggi ketimbang daging kambing.

Lantas apa pemicu darah tinggi? Beberapa ahli kesehatan menyebutkan bahwa daging sapi ataupun daging kambing tidak berbahaya bagi penderita hipertensi apabila dikonsumsi secara wajar, diolah dengan baik, dan orang yang mencobanya benar-benar dalam kondisi sehat, artinya tidak secara sembarangan.

Salah seorang dokter pernah mengatakan bahwa masalahnya bukan terletak pada dagina kambing ataupun sapinya, tetapi justru penyajiannya.

Daging sapi dan daging kambing mempunyai kadar kolesterol yang tinggi, akan tetapi itu tidak terlalu signifikan memicu kolesterol ataupun hipertensi, tetapi cara penyajiannya.

Masalah penyajian memang perlu diperhatikan. Misalnya otak, paru, usus, dan limpah ini sangat tidak baik, karena semua itu mengandung purin, kolesterol sehingga bisa pula mempengaruhi asam urat.

Berikut ini tips cara penyajian daging yang baik :

  1. Pilih yang benar-benar daging kambing, tidak bercampur jeroan
  2. Masak dalam bentuk lain ataupun plan lain, seperti dibakar dan lainnya
  3. Tidak bercampur atau dimasak dengan makanan yang bersantan ataupun semacamnya yang mempunyai kandungan lemak tinggi
  4. Jangan coba-coba mengonsumsi jeroan kambing seperti usus, otak, paru, limpa, hati, dan lainnya, itulah
  5. sumber utama pemicu darah tinggi, kolesterol, dan asam urat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *